Friday, June 8, 2012

Magang/PKL/Internship Program

Akhirnya bisa ngeblog lagi,,

Yap, setelah menghadapi semester 6 yang terlalu rumit banget,,dgn masalh kuliah ditambah dengan magang
Ya kali ini gw akan magang,
Jujur ya it's very hard, you know,
Sedikit sharing aja sih bagaimana perjuangan gw mencari tempat magang,,
Ehmm,,magang ya,,huft
Kirain gw itu gampang apalagi bawa nama kampus yang terkenal dgn IPK ya yg lumayan,
Tapi pada kenyataannya itu susah bgt, ditolak sana ditolak sini,
ehmm sampe gw mempelajari apa kesalahan-kesalahnnya



Yang jelas gw udah mulai coba apply itu bulan februari & gw baru dapet sekitar bln juni, krn emang mw magangnya bulan Juni,
Jurusan gw itu bagian Fiskal/Pajak, dan mereka untuk bgn pajak biasanya lbh ok kalo terimanya bulan januari dan februari, sdngkan dari kampus itu mwnya bulan Juni.
Okeii,,
selanjutnya gw apply diperusahaan swasta,
ehm,,tetep ya kolusi itu ga bisa dihindarin bahkan buat qt anak magang, biasanya tuh hal pertama yg jdi kendala adalah
1. Kolusi,,,
Yap Kolusi,,masih ya walaupun cm magang, orang dalem duluan yg diduluin.(Entah knp,susah sekali budaya ini dihilangkan)
Tapi ini ga semuanya sih, pengalaman gw sih justru ada tuh perusahaan bgs bgt dy bnr2 pake test, interview,dll itu baru perusahaan ok.(Beberapa perusahaan besar lah)
But, remember ga semuanya perusahaan tuh bgtu it's all depend by HRD & the rule,
Perusahaan gede ada juga yg kolusi,,eghh itu ngeselin bgt sumpah,
Hei Boys & Girls ayolah tunjukin kemampuan lo, qt harus bermain secara adil..
2. Mentor
Ya, mentor lo tuh ngaruh bgt, & HRD of course, setelah gw & temen2 mengamati ya,
kalo HRD nya cewe yang apply cowo pasti lebih cepet ditanggepin, tapi kalo cewe yg apply ehmm,,susahnya mnta ampun.
Trus juga mentor, biasanya ya kalo lo cewe brarti mentor lo cowo, bgtupun sebaliknya,
Ribet ya,,
Harus tau polanya dulu
Kecuali kalo mrka buruh bgt & kepepet pasti deh tuh mau ga mauu, mrk jg ga ada pilihan kan
3. CV
CV itu penting bgd guys, lo tau (untuk perusahaan swasta yg gede of course) CV pake bahasa indonesia,,lama bgt,tp kalo cv pake Inggris weitss cepet bgt, apalgi kalo ada nilai toefl lo, gw yakin cepet tp tetep tergantung perusahaannya juga sih.hehehehe
CV juga terkadang diliat pengalaman lo, terkadang ini menjadi kendala ya buat sbgn orang.


Itulah mungkin kendala-kendalanya
Disini gw cuma mau kasih solusi,,*Gaya bgt*
pertama, adalah lo siapin dulu CV
ya CV it's important
Seenggaknya lo tulis aja, apa2 aja yg pernah lo ambil, kursus,lomba,dll
Apalgi kalo di SMA lo pernah ada pelajaran bahasa prancis,jerman,cina,arab,dll deh ya
Itu masukin guys,,
Lagian jg pengalaman di sekolah juga berguna kan ya, 1 tahun gt perbahasa, bhkan mngkn ada yg lbh.
Makanya jgn pernah menyia-nyiakan pelajaran bahasa
Trus jg keaktifan lo, perusahaan biasanya lbh mandang orang yg pntrnya standar tp dy aktif mis.ikut seminar,lomba,dll
Dibandingin cm duduk diem di kelas, Walaupun nilainya bgs, soalnya biasanya orang ini kurang pandai bergaul
Perusahaan itu biasanya butuh orang yang SMART, Professional tapi friendly.

Kedua, lo cari tau perusahaan itu yg jelas targetin lah
Ya, cari tau nih, lo telp operatornya tanyain masalah magang atau PKL disana gmn?buka magang ga?berapa bulan?bgn lo buka magang ga?trs prosedurnya gmn.
Kalo operatornya ga tau,
mnta sambungin langsung ke HRD nya
Tapi, biasanya HRD itu susah bgt dihubungin, palingan yawda datengin aja,tanya2,
kalo ga bisa juga langsung kirim aja
xixixixi
Tapi, ini emang saran gw bgtu, harusnya cari tau dulu, karena biasanya perusahaan adanya yg terima1/ 2 bln aja, ada yg trma 3, bhkan 6 bulan, trus sama namanya diperusahaan itu PKL/Magang beda atau sama, krn biasanya ini berbeda, tergantung, & kalo diapplication letter lo salah,okei find, u must try again
Makanya cari tau, misalkan kyk gw disna untuk PKL cm buka 1 bulan (krn gw wajib dr kampus), trus gw salah nulisnya, gw nulisnya itu MAGANG, & 3 bulan, yawda akhirnya gw dimasukin ke bagian magang, padahal yg gw maksud itu PKL loh, & akhirnya okei tmn gw duluan yg dapet.
Noh, Penting kan..

Ketiga, Follow Up
Kalo lo udah kirim, lo jg harus aktif man, jgn diem aja telpon tanya email atau surat lo udah nyampe blom?
Prosedur diterima atau enggaknya brapa lama?
Pokoknya lo follow up deh,(ini slah satu bukti klo lo serius)
Jadi perusahaan jg prosesnya cepet

Keempat, Doa
Berdoa itu penting bgt, xixixi
Buat gw ini penting bgt selain berdoa yg jls jg mnt doa sm tmn2 & ortu semoga dapet tmpt magang yg lo harapin, karna ituu susah bgt...


Eitss,gw lupa kalo lo ga keterima juga ehmm gw saranin perusahaan negeri pun ga masalah, justru mereka welcome bgt loh, prosesnya pun cpet apalagi kalo lo dateng ksna,biiasanya sehari pun langsng keterima
Misalnya, kayak bulog dll
Orangnya juga baik-baik, ga salah juga koq kalo lo apply disanaTapi ga semuanya gampang juga sih, contohnya kyk di BI, waiting listnya panjang bro..
hehehe

Gitu deh pengalaman gw, tapi stlh gw lamar dibanyak tempat, finally i got it, gw dapet disalah satu perusahaan minyak, i am so proud..
Perjuangannya juga ga gampang ini harus ada proses interview,gt2 deh..


Ok,Good Luck

Sukses buat seluruh anak2 FISKAL UI 2009 yg mw magang, Sukses buat semua.


No comments:

Post a Comment